Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang Di Garut Selatan

Pantai Sayang Heulang yaitu sebuah pantai yang ada di Garut Selatan, tepatnya di Kecamatan Pameungpeuk, Desa Mancagahar. Pantai ini mempunyai rentangan sekitar 3,5 km dengan hamparan pasir yang dihiasi batuan karang, air lautnya bersih dengan deburan ombak yang cukup pesat tempatwisatagarut.com.

Pantai Sayang heulang Garut

Di Pameungpeuk sendiri mempunyai sebagian pantai yang bisa kau kunjungi, diantaranya:
Pantai Santolo,
Pantai Karang Paranje,
Pantai Cijeruk Cantik,
Pantai Manalusu, dan lainnya.
Baca Juga : Pantai di Garut yang Masih Alami dan Tersembunyi
Sebagainya hampir seluruh pantainya mempunyai deburan ombak yang cukup kuat, tapi hamparan alamnya yang masih natural dan asri sungguh mempesona.

Wajah Baru Pantai Sayang Heulang

Tepatnya sekitar bulan Desember tahun 2021, menjadi soft opening pengesahan wajah baru Pantai, Kabupaten Garut, yang sekarang kian menawan, romantis, dan instagramable.
Hal hal yang demikian diterangkan dengan sebagian titik baru yang tersusun bagus hampir di segala wilayah pantainyanya. Sedangkan belum 100%, tapi keindahannya telah sanggup menyedot animo para pelancong.
Sebagainya inilah update terkini :
1. Jalur Selfie
2. Gazebo, Sebagainya Spot Pejalan Kaki
3. Jalur Jembatan
4. Jalur Alamat Kekinian
5. Menara Pandang

Mitos di Pantai

P‌antai ini diberikan nama Pantai Sayang Heulang, sebab dulunya di lokasi ini banyak sekali Burung Elang atau Heulang dalam bahasa sunda bersarang.
Sehingga dinamakanlah Sayang Heulang (Sarang Elang), tapi sayang sekali ketika ini burung-burung Elang yang ada diburu oleh manusia sampai punah dan tak ada lagi.
Jalur sebuah daerah liburan alam sekali-sekali tidak dapat dipisahkan dari mitos atau kisah yang ada dibaliknya, begitupun dengan Pantai.
Masyarakat sekitar percaya bahwa daerah ini “dijaga” oleh “kuda putih”, dan diceritakan pernah sebagian orang memandang kuda putih hal yang demikian berjalan di tengah lautan.
Entahlah hal hal yang demikian benar atau tak, tapi yang pasti kita hidup memang berdampingan dengan makhluk lain. Sebagainya sepatutnya saling menghargai serta menghargai mitos yang sudah ada seputar suatu daerah.

Lokasi Pantai

Lokasi Pantai Sayang Heulang berada tidak jauh dari Pantai Santolo, secara administratif masuk kawasan Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
Rute menuju Pantai, apabila berangkat dari Garut kota dengan memberi tuntunan kendaraan menuju Cikajang kemudian Pameungpeuk sampai memandang pertanda Bukit Teletubies masuklah ke gapura gang hal yang demikian.
Dari arah gapura teruslah masuk ke arah pemukiman warga, kemudian via zona pesawahan. Di tengah perjalanan kau akan dimintai tarif masuk.
Teruskan perjalanan sampai kau via persimpangan jalan menuju Bukit Teletubies, teruslah melaju sampai tiba di Pantai.
Spot dari Garut menuju Pameungpeuk telah benar-benar bagus dan beraspal, jalannya malahan cukup lebar.  saja jalanannya dipenuhi dengan kelokan khas tempat pegunungan.
 kau berangkat dari arah Bandung, dengan menuju Pangalengan kemudian tiba di Rancabuaya sampai hasilnya tibalah di tempat Pameungpek.

Jam Buka Pantai

Jam operasional Pantai ini tak ada ketetapan sah, itu artinya terbuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *