dodol garut

Dodol Garut Oleh-Oleh Khas Kota Intan

Dodol Khas Garut bukanlah kata yang asing di kuping masyarakat Jawa Barat, malah di tingkat nasional. Dodol Khas garut menjadi identitas yang senantiasa menempel pada Kabupaten Garut. Kalau anda mengunjungi daerah liburan di Garut, rasanya tak komplit apabila tak pulang membawa oleh-oleh dodol Garut tempatwisatagarut.com.
Dodol Garut menjadi makanan klasik yang tengah terancam kelestariaannya. Menurut hal yang demikian bukan tanpa alasan, malah regu kami mengerjakan penyelidikan lantas ke pihak-pihak berhubungan.
Baca Juga : Inilah Daya Tarik Wisata Situ Bagendit
Bukan cuma sebab keadaan pandemi saja, ada banyak elemen lainnya yang ikut serta mengancam kelestarian makanan khas Garut hal yang demikian.
Dodol bukanlah makanan yang cuma ada di Kabupaten Garut saja. sebab sebagian tempat lainnya juga mempunyai makanan khas berupa dodol. Seperti :
Dodol Betawi,
Dodol Duren khas Sumatera,
Dodol Aceh,
Dodol Kalimantan,
Dodol Cirebon.
Dodol di tempat Kudus yang bernama Jenang.
Berdasarkan sebagian sumber yang ada, sejarah dodol rupanya telah ada semenjak abad ke 9. Adapun sejarah dodol Garut diawali pada tahun 1926.
Dodol Garut yang pertamakali bernama Dodol Kursinah, atau Dodol Karsinal. Menurut hal yang demikian mengacu terhadap sosok yang mengawali usaha dodol di Kabupaten Garut yang bernama Ibu Karsinah.

Keunikan Dodol Garut

Terdapat keunikan, sekalian semacam filosofi yang bersejarah berhubungan Dodol Garut.
Pelan bukan sebuah pakem, melainkan kongkretnya terdapat sisi kesamaan dari penamaan produk dodol yang rata-rata dikasih nama merek berupa nama perempuan. Seperti:
Dodol Herlinah,
Dodol Halimah,
Dodol Khodijah,

Sejarah Dodol Garut

Sejarah perkembangan Dodol Garut tak dapat lepas dari sejarah Dodol Picnic. Sejarah permulaan Dodol Picnic diawali dari tahun 1949 dikala mereknya masih bernama Dodol Halimah, yang diinisiasi oleh H. Iton Damiri.
Sebelum alhasil menggunakan merk Dodol Picnic, rupanya sebelumnya sempat mempunyai nama atau merk lain, yakni:
Dodol Halimah pada tahun 1949,
Dodol Fatimah pada tahun 1950,
Dodol Herlinah pada tahun 1957,
Merk Dodol Picnic alhasil secara sah dikeluarkan pada tanggal 14 Juli 1959. Ragam tapi pasti, Dodol Garut terlebih merk Dodol Picnic mulai diketahui di tiap tempat di Indonesia, malah telah go Internasional.

Pengerjaan Dan Ciri Khas Dodol Garut

Seiring perkembangan jaman, rupanya wujud serta modifikasi rasa Dodol Garut malahan menjadi sebuah kewajiban. Dan inilah beberap variasi Dodol Garut yang populer dikala ini di masyarakat:
Dodol Garut,
Dodol Garut Warna-Warni,
Dodol Garut Zebra,
Dodol Buah, terlebih buah sirsak,
Chocodot, atau Cocodot, yakni dodol rasa cokelat.

Bahan Baku Pembuatan Dodol Garut

Penulis sebelumnya seharusnya memberikan disklaimer secara khusus dulu bahwa tiap produsen Dodol Garut pasti mempunyai ciri khas rasa, dan wujud.
Namun itu, tiap produsen dodol pasti mempunyai rahasia dapur, atau resep rahasia dalam upaya pembuatan dodol. Jika secara garis besar, dodol terbuat dari bahan-bahan sebagai berikut:
Tepung beras,
Gula,
Air,
Para konsumen juga tak perlu kuatir, sebab rupanya Dodol Garut mempunyai resep tradisonal untuk mewujudkan sebuah makanan menjadi awet. Seperti dari bahan:
Santan yang diolah khusus,
Gula,
Tape, atau peuyeum.
Kalau disimpan di daerah yang kering, karenanya Dodol Garut dapat bertahan hingga 2 bulan lebih. Sulit apabila disimpan di daerah lembab akan lebih kencang jamuran.

Tantangan Dodol Garut

Dodol Garut menghadapi tantangan yang cukup besar bagaimana caranya untuk konsisten lestari di tengah modernisasi. Rumus dasarnya memang patut “ngigelan Jaman”.
Kecuali malahan sempat terkejut dikala mendengar fakta bahwa Dodol Garut lebih laku di luar Kabupaten Garut. Fakta berikutnya penikmat Dodol Garut terlebih yang ada di Garut rata-rata yang berusia 50 tahun ke atas.
Menurut hal yang demikian dikarenakan konsumen hal yang demikian masih mempunyai ingatan rasa perihal Dodol Garut. Dengan kata lain, tantangan terbesar merupakan memberi tahu Dodol Garut di kalangan milenial.
Namun itu, rupanya Dodol Garut lebih laris dikala dipasarkan di kota-kota besar, seperti di Jakarta, Bandung, dan kota lainnya. salah-satu alasan pentingnya rupanya makanan manis lebih pantas bagi masyarakat yang tinggal di tempat panas.

Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *