Kesenian Tradisional di Garut

Kesenian Tradisional Kabupaten Garut banyak sekali. Sebagian di antaranya yaitu akulturasi tradisi dari tempat lain yang dibawa ke Garut. Dari sekian banyak kesenian tradisonal yang ada di Garut, penulis tempatwisatagarut.com mengukur bahwa beberapa besar kesenian hal yang demikian kurang populer di kalangan milenial, malahan nyaris tak mengetahuinya.

Tradisi Khas Garut

Sedangkan, jikalau bukan kita siapa lagi yang sepatutnya melestarikan tradisi yang sudah diturunkan oleh para leluhur. Sejatinya, modernisasi bukan berarti sepatutnya menegasi tradisi orisinil. Kami pikir, kesenian tradisional dapat menjadi salah satu tenaga tarik liburan Garut yang potensial.
Baca Juga : Dodol Garut Oleh-Oleh Khas Kota Intan

Kesenian Tradisional Garut

Menurut sumber yang sudah kami peroleh dari Dinas Pariwisata Kabupaten Garut, karenanya inilah daftar kesenian tradisional Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat yang mesti anda kenal:
Lais
Badeng
Bangklung
Gesrek
Hadro
Pencak Ular
Surak Ibra
Dodombaan
Cigawiran
Rengkong
Pantun Beton
Raja Dogar
Sholawatan
Terbang Sajak
Rampak Kohkol
Bangreng
Badawang
Badingkut
Raksa Dogar
Badogar
Gegel Jubleg
Buncis
Euwah-Euwah
Nyiru Owah
Dopleng
Igel Burayot
Rudat Godog
Seni Rudat Leles
Tari Topeng Badawang
Tutunggulan Dangiang
Untuk ulasan atau penjelasan tiap-tiap kesenian hal yang demikian akan dibahas dalam tulisan yang terpisah. Sekali lagi bahwa pada faktanya sebagian kesenian tradisional hal yang demikian yaitu akulturasi dari tempat lain.
Namun, dikala datang ke Garut memiliki kekhasan tersendiri yang sedikit berbeda dengan tradisi aslinya. Semoga saja kesenian tradisional akan konsisten lestari di tengah modernisasi.

Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *