Inilah Daya Tarik Wisata Situ Bagendit

tempatwisatagarut.com – Situ Bagendit dengan bahasa Indonesia memiliki arti Danau Bagendit. Danau ini benar-benar luas dan sebagai sumber air untuk penuhi kehidupan warga sekitaran. Daya tarik khusus teritori rekreasi Situ Bagendit ialah danau. Teritori ini ada di dalam lingkungan alami dengan berdasar belakang pegunungan yang cantik. Tempat rekreasi ini mempunyai beragam kegiatan rekreasi yang bisa dicicipi oleh pelancong. Kegiatan yang bisa dilaksanakan di Situ Bagendit, seperti melaut ke tengah situ memakai rakit bambu, main sepeda air, kano, memancing, dan beragam kegiatan yang lain. Tiap tahun, Pemerintahan Kabupaten Garut melangsungkan Festival Bagendit yang berisi kesenian wilayah dan beragam lomba rekreasi air.

Legenda Situ Bagendit

Situ Bagendit simpan legenda. Di mana penaman Situ Bagendit diambil dari nama wanita tua yang namanya Nyai Bagendit. Diceritakan, Nyai Bagendit ialah seorang janda yang mempunyai harta banyak warisan suaminya. Dia hidup sendiri karena tidak mempunyai anak. Nyai Bagendit selalu diliputi kekuatiran jika hartanya akan habis dan membuat jatuh miskin. Karena itu, dia jadi wanita yang kikir meskipun terkaya di dusunnya. Bila, ada masyarakat dusun yang pinjam uang, Nyai Bagendit akan memberi utang tetapi dengan bunga yang tinggi.

Panorama Alam

Sejauh perjalanan ke arah Situ Bagendit, rupanya pengunjung telah dimanja oleh panorama alam yang cantik dan asri. Danau yang berada di Kecamatan Banyuresmi ini ada di teritori perdesaan yang disanggupi sawah dan perkebunan. Panorama ini diperlengkapi dengan lukisan pegunungan yang berdiri tegak dari kejauhan. Sering pengunjung menyengaja jogging atau naik sepeda kesini sekalian nikmati angin segar.

Sampai di tempat danau, panorama yang dijajakan juga hampir sama. Namun ini kali diperlengkapi dengan sebuah danau yang luas. Di sejumlah pojok danau ada kelompok tanaman teratai dan eceng gondok yang kerap digunakan masyarakat sekitaran untuk kerajinan tangan atau cindera mata. Karena tidak terhambat apa saja terkecuali gunung tinggi, tempat ini pas untuk nikmati panorama matahari keluar atau tenggelam.

Kegiatan Di Tepi Danau

Sesudah senang melaut, pengunjung bisa menyaksikan panorama sekitaran sekalian jalan-jalan di tepi danau. Lebih bagus kembali bila bawa perbekalan makanan sendiri. Ada beberapa gazebo atau saung yang dapat dicarter sebagai tempat beristirahat.

Baca Juga : Pantai Rancabuaya Garut, Tujuan Wisata Alternatif di Kota Intan

Untuk pengunjung yang tiba bersama anak-anak kemungkinan ingin coba beberapa sarana permainan yang ada di situ. Ada beberapa sarana yang dapat dicicipi anak-anak, seperti kereta mini, trampolin, pemancingan mini, dan kolam bola dengan seluncuran. Ada pula aktivitas inovatif seperti memberi warna yang dapat dilaksanakan dengan mebayar 10 ribu rupiah saja.

Jalur Ke arah Situ Bagendit

Jarak Situ Bagendit sekitaran 4 km dari pusat perkotaan Garut, dan bisa dicapai oleh kendaraan beroda 2 atau beroda 4 bahkan juga bisa dituju dengan memakai angkutan umum atau angkot.

Angkot yang bisa dipakai adalah jalur Terminal Guntur – Banyuresmi yang berwarna orange putih. Kamu meminta turun di Situ Bagendit, seterusnya tinggal jalan ke arah lokasi ticket masuk.

Jam Buka Situ Bagendit

Mulai bekerja jam 08.00 sampai 17.00 waktu di tempat.

Ticket Masuk Situ Bagendit

Harga ticket masuk Situ bagendit benar-benar ramah dikantong, yaitu sejumlah Rp. 5.000,- saja per-orangnya.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *