Daftar Gunung Indah Di Garut

tempatwisatagarut.com – Gunung di Garut jumlahnya sangat banyak. Bahkan sejauh mata memandang, anda akan menyadari bahwa Kabupaten Garut dikelilingi oleh gugusan bukit, dan pegunungan.

Gunung di Garut beberapa di antaranya sudah sangat populer dikalangan para pendaki. Bahkan beberapa gunung memiliki cerita misteri, atau mistis yang masih dipercaya hingga saat ini.

Bagi anda yang mempunyai rencana mendaki ke salah-satu gunung yang ada di Garut. Maka ada baiknya mempertimbangkan beberapa faktor sebagai berikut:

Gunung Cikuray

Gunung Cikuray ialah gunung paling tinggi di Garut, dan jadi no 4 yang paling tinggi di Jawa Barat. Gunung Cikuray mempunyai ketinggian 2.821 mtr. di permukaan laut (mdpl).

Beberapa pendaki diwajibkan mempunyai SIMAKSI, atau Surat Izin Mendaki. Surat itu disiapkan oleh faksi pengurus pendakian Gunung Cikuray. Calon pendaki tinggal isi formulir yang telah disiapkan.

Lajur pendakian ke Gunung Cikuray lumayan banyak, tapi yang terkenal ialah pendakian lewat Pamancar. Ada pula pendakian lewat Kecamatan Cigedug dan lewat Kecamatan Cikajang.

Baca Juga : Gunung Guntur, Nikmati Keindahan Alam dari Kawah dan Sunrise di Garut

Secara administratif lokasi Gunung Cikuray ada di Dusun Dangiang, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan jadi salah-satu gunung yang paling terkenal, dan legendaris di Kabupaten Garut. Bahkan juga Gunung Papandayan pernah jadi lokasi shooting film Gie.

Gunung Papandayan mempunyai ketinggian 2.665 mdpl. Saat hari mendekati sore, udara di gunung itu bisa menjadi super dingin. Daya magnet dari Gunung Papandayan ialah seperti berikut:

  • Pondok Saladah
  • Eksplore Kawah
  • Rimba Mati

Sekarang ini, di teritori Gunung Papandayan atau TWA Gunung Papandayan ada banyak tempat wisata yang lain misalkan saja Papandayan Camping Ground (PCG).Lokasi Gunung Papandayan ada di Dusun Karamat Harum, dan Dusun Pupusjaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat.

Gunung Guntur

Gunung Guntur ialah gunung yang terdekat dengan pusat perkotaan Garut. Gunung Guntur memilki ketinggian sekitaran 2249 mdpl.

Beberapa waktu lalu Gunung Guntur sempat trending karena lenyapnya salah-satu pendaki sepanjang beberapa hari. Ya, demikianlah alam, terutamanya gunung, sering kali tersebar narasi mistis didalamnya yang susah diolah oleh logika.

Surga yang terselinap di Gunung Guntur ialah kehadiran Curug Citiis. Airnya bersih karena langsung mengambil sumber dari mata air, dan benar-benar dingin.

Gunung Guntur jadi salah-satu tempat terbaik untuk nikmati city light, dan nikmati daya tarik keelokan Garut dari ketinggian. Dan Lokasi Gunung Guntur sama-sama berhadap-hadapan dengan Gunung Cikuray.

Lokasi Gunung Guntur ada di Kelurahan Pananjung, dan Dusun Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat.

Gunung Wayang

Gunung yang paling terkenal di Garut selatan ialah Gunung Wayang. Gunung ini benar-benar unik, berlainan dengan gunung lain secara umum, karena tercipta dari batu-batuan.

Selainnya kegiatan pendakian, Gunung Wayang populer dengan kegiatan panjat tebing. Lokasinya juga vital, berada dari sisi Jalan Raya Garut – Bungbulang.

Gunung Wayang mempunyai ketinggian sekitaran 2.182 mdpl. Gunung itu ada di tengah sawah, dan dekat sama tempat perkebunan.Lokasi Gunung Wayang ada di alamat Dusun Pakenjeng, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *