Curug Cisarua

Curug Cisarua, Melihat Keindahan Air Terjun Eksotis di Garut

Curug Cisarua, Melihat Keindahan Air Terjun Eksotis di GarutWisata alam di Kabupaten Garut memang banyak memiliki opsi. Salah satunya curug atau air terjun yang berada di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.

Beberapa pilihan wisata curug di Kecamatan Cilawu seperti Curug Cihanyawar dan Curug Cisarua memiliki kelebihan air terjun yang tinggi dan panorama alam sekelilingnya yang paling cantik.

Curug Cisarua ada di kaki gunung Cikuray, bertahannya di Desa Sukamurni Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.

Curug dengan ketinggian 100 mtr. itu dapat dilalui dari arah kota Garut ke arah Kecamatan Cilawu.

Arah ke Arah Curug Cisarua yang disebut hidden gem Garut ini bisa dilalui dari Daerah Bojong Loa Desa Sukamurni Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.

Curug Cisarua ada di Ketinggian 1.400 Mdpl yang cukup tinggi sekali untuk ukuran curug, tentunya panoramanya cantik sekali.

Jangan lupa untuk kalian yang ingin bertandang kalian dapat sekaligus tiba di Curug Aden dan Curug Cihanyawar karena lokasinya tidak begitu jauh dari curug ini.

Tracking Curug Cisarua

Karena ada di ketinggian sekitar 1.400 mdpl, dan ada cukup terselinap, otomatis kamu sudah tahu jika wajib melakukan pelacakan lebih dulu.

Ya, untuk menikmati keindahan Curug Cisarua, kamu wajib melakukan trackking dengan telusuri jalan setapak yang teduh dengan hiasan alam yang sejuk.

Jalan setapaknya masih berbentuk tanah dan batu-batuan, dikiri dan kanannya beberapa dekat dengan beberapa tanaman yang lumayan tinggi.

Lajurnya tidak begitu naik atau turunan yang cukup tajam, bisa dilewati oleh golongan emak-emak milenial hehehe….

Akses jalan atau track dari parkir ke arah Curug ini sekitaran 2 Km atau mungkin dengan perkiraan waktu sekitar 25 menit.

Setelah jalan lama kalian akan melalui saluran sungainya dengan jembatan dari beberapa tangkai pohon di harap kalian berhati-hati saat melaluinya.

Kamu juga bisa menjadikan sebagai spot untuk, dengan latar saluran Curug ini yang lumayan tinggi.

Meski sepi dan tidak terurus tetapi keindahan Curug ini masih tetap berkesan untuk para pencinta alam.

Seperti perawan desa yang natural dan alami, rambut kusutnya yang tertiup angin, membuat siapa saja yang menyaksikannya.

Di lokasi Curug Cisarua, tidak mungkin berharap ada warung makanan, apa lagi toilet atau masjid.

Tidak ada tiket yang perlu dibuka karena gerbang masuk tertulis Curug ini telah roboh dan tidak terawat.

Begitu juga dengan gazebo dan masjid yang berdiri di sekitar curug terlihat tidak terawat dan lapuk.

Meskipun begitu keindahan alam Curug ini sangat eksotis. Dengan ketinggian 100 mtr., Curug ini mengalirkan air yang paling jernih mengucur antara batu-batuan besar.

Disekitar curug ada bentangan padang rumput yang pas untuk tempat, kolam kecil dari saluran air curug dapat dipakai untuk mandi atau berenang, walau airnya benar-benar dingin menyerang tulang.

Untuk yang ingin lama-lama menikmati keindahan curug dan panorama alam sekitarnya, sebaiknya bawa perbekalan sendiri dari rumah karena tidak ada warung yang menawarkan makanan.

Baca Juga : 4 Kebun Teh Di Garut Yang Paling Bersejarah, Dan Populer

Lokasi dan Alamat Curug Cisarua

Lokasi Curug Cisarua ini beralamat di Daerah Kopi Patrol, Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *