Kawah Kamojang Garut

Kawah Kamojang Garut, Keindahan Wisata Alam di Garut

Kawah Kamojang Garut, Keindahan Wisata Alam di Garut Kawah kamojangsebagai salah satunya objek WisataGarutyang cukup populer selain itu Gunung Papandayan dan Curug Orok.Kawahini berada di wilayah Rahasiag,garut, jawa barat yang ada di ketinggian 1.730 M DPL, dan temperatur dikawah kamojangbisa di ngomong cukup extream jadi saya anjurkan untuk bawa jaket tebal. Kawah ini adalah kawah gunung api yang aktif di kota garut, karena uap yang tercipta dari kawah kawah di sini datang dari perut bumi.

RiwayatKawah Kamojang Garut

Kawah ini diatur oleh PLTP Kamojang, Indonesia Power dan Pertamina sebagai PLTU dan jadi kawah pertama kali energi buminya digunakan.PLTP itu pertama kali dibangun pada periode penjajahan Belanda di tahun 1926 dan disahkan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1983.

Selain sejarahnya, menurut warga di tempat, kehadiran kawah-kawah di teritori ini kuat hubungannya dengan legenda “sang Mojang” atau “Si Gadis”.

Teritori itu awalannya sebagai rumah seorang mojang atau gadis desa yang berparas elok.Ke-2 orang tuanya memasangkan dia dengan lelaki paruh baya tetapi benar-benar kaya.Tentu saja sang Mojang menampik sampai ia larikan diri ke rimba.

Meski telah dilaksanakan penelusuran, Mojang tidak diketemukan. Hingga mulai sejak itu, tempat lenyapnya gadis itu Mula-mula.

Baca Juga: Curug Cisarua, Melihat Keindahan Air Terjun Eksotis di Garut

LokasiKawah Kamojang Garut

Sebetulnyakawah kamojangada di daerah Kabupaten Bandung, bertahannya berada di DaerahKamojang, Desa Seperti, Kecamatan Ibun, Bandung, Jawa Barat.Tetapi karena berada di dekat tepian Bandung-Garut, karena itu beberapa orang yang melihatKawahini ada di daerahGarut.

WisataKawah Kamojang Garut

Di tempat wisata kawah kamojang, kawan-kawan dapat menikmati beberapa kawah yang cukup unik. Disebutkan unik karena memang orang lain dengan kawah secara umum.

Umumnya yang disebutkan kawah itu ialah sisa letusan gunung. Dan di sini, kawahnya berbentuk sisa pengeburan uap bumi, dan seperti keluaran uap panas bumi.

Jadi tidak ada wujud kawah gunung secara umum. Meskipun begitu, sebenarnya cukup asyik lho, situasi sekelilingnya masih alami dan segar.

Kawah Manuk

Umumnya, wisatawan yang tiba berkunjung ke beberapa tempat seperti kawah manuk.

Kawah ini berada pas di tepi jalan dan langsung bisa rekanan saksikan saat bertandang ke sini.

LokasiKawahini ada saat sebelum gerbang masuk ke kawasan Kamojang. Kawan-kawan tidak perlu bayar tiket masuk untuk melihat kawah ini.

Berhati-hati tidak untuk masuk ke tempat kawahnya ya. Walau cukup sering kering, lumpur di bawahnya masih bisa menjerat kaki dan panas juga.

Kawah Kereta Api

Di lokasi khusus, ada dua kawah yang dapat kita saksikan. Yang pertama ada kawah api. Disebut begitu karena kawah ini keluarkan suara siulan serupa suara kereta api, yang dari penekanan uap panas bumi.

Kawah kereta api sebenarnya sisa percobaan uap panas bumi pertama kali yang di zaman Belanda. Sampai saat ini, sumur bor ini masih mengeluarkan uap panas bumi dengan suara super kuat.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *