Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan – Kabupaten Garut Jawa Barat mempunyai beberapa Taman Wisata Alam, salah satunya ialah Taman Wisata Alam Gunung Papandayan. Gunung Papandayan juga menjadi daya magnet tertentu untuk wisatawan nusantara atau luar negeri karena keelokannya. Dalam teritori ini juga ada bermacam kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh wisatawan mulai dari pemandangan view, sunrise, trackking, camping, mountain bike downhill, motor trail, sampai merendam air panas.

Sebagian besar Lokasi Gunung Papandayan berada di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut Jawa Barat dan Kabupaten Bandung (Google Maps : 70 19’00” LS dan 1070 44’00″BT). Gunung papandayan mempunyai titik paling tinggi yakni 2665 mdpl (mtr. di permukaan laut), atau 1950 m di atas daratan kota Garut. Type Type Gunung Api yakni Strato Type A yang sekarang masih memberikan kegiatan yang normal dengan riwayat erupsi di tahun 1772, 1923, 1942, 2002. Gunung Papandayan mempunyai kawah yang masih keluarkan gas belerang salah satunya ada di Kawah Mas, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk.

Adapun faksi yang mengurus Taman Wisata Alam Gunung Papandayan ialah PT Asri Cantik Lestari selebar 92,87 Ha sebagai faksi swasta yang bekerja bersama dengan Balai Pelestarian Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk mengoptimalkan kekuatan pariwisata yang telah ada awalnya. Pemahaman taman wisata alam merujuk ke Undang-Undang No.lima tahun 1990 mengenai Pelestarian Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, pemahaman taman wisata alam ialah: Teritori konservasi alam yang khususnya digunakan untuk pariwisata dan wisata alam.

Aktivitas pariwisata yang dikerjakan di hutan wisata alam jangan berlawanan dengan konsep pelestarian dan pelindungan alam. Karena pada hakekatnya taman wisata alam masuk ke teritori konservasi alam. Taman wisata alam memiliki peranan membuat perlindungan mekanisme penyangga kehidupan untuk wilayah sekelilingnya. Disamping itu menjadi tempat pengajaran alam dan peningkatan ilmu dan pengetahuan. Hingga semua pendayagunaan sumber daya hayati dalam teritori ini harus diatur secara lestari dan arif.

Tipe wisata yang pas di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan yakni wisata alam. Karena semuanya mengikutsertakan alam sebagai daya magnet khusus dalam datangkan wisatawan. Adapun aktivitas wisata yang bisa dilaksanakan oleh wisatawan berbentuk Trackking di Gunung Papandayan, Mendaki Gunung Papandayan, Camping di Gunung Papandayan, menyaksikan Sunrise di Gunung Papandayan sampai merendam air panas di Gunung Papandayan.

Hal yang terkesan yakni saat jalan melewati kawah gunung Papandayan. Kita akan gampangnya dengar suara sekalian menghirup aroma belerang yang unik, tenang saja karena hal itu masih juga dalam batasan yang normal asal tidak boleh kelamaan ada dekat sama sumber nya sebab bisa mengakibatkan keracunan pernapasan. Disamping itu teritori hutan mati yang hendak membuat decak takjub akan situasi nya. Sering wisatawan jauh tiba ingin menyaksikan bunga Edelweiss yang tumbuh pada ketinggian dan menyebar di wilayah tertentu saja.

Untuk Kalian yang menyenangi sunrise, dapat sekali Memburu Sunrise Gunung Papandayan di beberapa lokasi sunrise terbaik bila cuaca sedang bagus. Lebih hebat kembali bila aktivitas kemping atau camping, ada beberapa yang dapat kamu kerjakan seperti berkunjung Hutan Mati Gunung Papandayan.

Baca Juga: 5 Gunung yang Berada di Garut Jawa Barat, Nikmati Pemandangan di Atas Awan

Fasilitas di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Sejak diatur oleh faksi swasta, pembaruan fasilitas dan fasilitas di Gunung Papandayan sebagai pendukung aktivitas wisata terus dilaksanakan. Sejak dari tahun 2016 Pembaruan aksesibilitas jalan telah dilaksanakan untuk menambahkan kenyamanan dalam berkendaraan wisatawan. Untuk jalan setapak ke arah kawah atau Ghober Hoet dan Hutan Mati juga dilaksanakan pembaruan hingga menambahkan kenyamanan wisatawan. Adapun Pondok Saladah Camping Ground juga diatur untuk kenyamanan beberapa pendaki.

Untuk kenyamanan berbentuk tempat MCK telah ada ada di Camp David, pos 7, tempat camping ground Pondok Saladah dan Ghober Hoet. Dan di sejauh lajur pendakian ada MCK bersih dan shelter untuk wisatawan istirahat. Dan di Camp David, pos 7, Ghober Hoet dan Pondok Saladah ada beberapa warung yang diatur oleh warga sekitaran untuk penuhi keperluan wisatawan.

Masalah keamanan semua ada dimulai dari pos masuk, pos registrasi, atau pos 7 sampai pos-pos yang berada di camping ground sudah diperlengkapi petugas yang siap siaga menolong wisatawan bila diperlukan. Untuk kalian yang memerlukan ambulance, pengurus juga menyiapkannya. Untuk parkir kendaraan ada benar-benar luas mulai dari kendaraan roda 2 sampai ukuran bis seat 59 juga dapat dengan bebas parkir di tempat parkir Camp David.

Adapun fasilitas di Gunung Papandayan yang lain yakni berbentuk terdapatnya fasilitas pemondokan berbentuk cottage yang tidak jauh dari parkir kendaraan. Untuk kalian yang cuma ingin menyaksikan pemandangan dari terlalu jauh dapat naiki menara pandang yang berada di Camp David. Taman Wisata Alam Gunung Papandayan benar-benar benar-benar menganakemaskan wisatawan.

Ada jasa pramuwisata atau guide Gunung Papandayan untuk kamu yang merencanakan memakai jasa itu. Biaya guide Gunung Papandayan dimulai dari Jasa Guide Trackking Gunung Papandayan, Jasa Guide Sunrise Gunung Papandayan, atau Jasa Guide Camping Gunung Papandayan telah ada untuk penuhi keperluan kalian. Berapakah biaya atau harga Jasa guide di Gunung Papandayan? Berdasar info rerata sekitar di antara Rp.350.000 – Rp. 500.000.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *