Kawah Kamojang Garut, Destinasi Wisata Alam yang Begitu Memikat

tempatwisatagarut.com – Kawah ini diatur oleh PLTP Kamojang, Indonesia Power dan Pertamina sebagai PLTU dan jadi kawah pertama kali yang energi buminya digunakan.PLTP itu pertama kalinya dibangun pada periode penjajahan Belanda di tahun 1926 dan disahkan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1983.

Selain sejarahnya, menurut warga di tempat, kehadiran kawah-kawah di teritori ini kuat hubungannya dengan legenda “sang Mojang” atau “Si Gadis”.Teritori itu awalannya sebagai rumah seorang mojang atau gadis dusun yang berparas elok.Ke-2 orang tuanya memasangkan ia dengan lelaki paruh baya tetapi benar-benar kaya.Tentu saja sang Mojang menampik sampai ia larikan diri ke rimba.

Walau telah dilaksanakan penelusuran, Mojang tidak diketemukan. Hingga mulai sejak itu, tempat lenyapnya gadis itu dinamakan Mojang.

Lokasi Kawah Kamojang Garut

Sebetulnya kawah kamojang ada di daerah Kabupaten Bandung, persisnya berada di Daerah Kamojang, Dusun Seperti, Kecamatan Ibun, Bandung, Jawa Barat.Tetapi karena berada di dekat tepian Bandung-Garut, karena itu beberapa orang yang memandang kawah ini ada di daerah Garut.

Baca Juga : 4 Kebun Teh Di Garut Yang Paling Bersejarah, Dan Populer

Luas Teritori

Luas teritori ini sekitaran 10 Hektar tapi tidak seutuhnya bisa kita telusuri, hanya karena 8 hektar yang dapat digunakan oleh pengunjung dan bekasnya sedang dalam tahapan pembongkaran. Di sini ada 23 kawah 2 salah satunya seperti danau uap. Kawah kamojang ini berbentuk aliran seperti gua di mana uap panas bumi yang keluar lewat lorong gua itu. Bila anda menyaksikan di atas kemungkinan anda menduga ada seorang yang membakar suatu hal dalam gua itu, tetapi sebetulnya itu uap panas bumi, dan berikut sebagai kelebihan kawah kamojang.

Kawah Manuk, Kawah Kereta, dan Kawah Hujan

Selainnya kawah kamojang di teritori ini masih ada kawah kawah yang lumayan menarik perhatian saya. Diataranya ada Kawah Manuk, kawah kereta, dan kawah hujan. Kawah Manuk atau dengan bahasa indonesianya kawah burung, kemungkinan agak aneh ya dalam telinga kita, tetapi nama ini sesuai apa yang terjadi di kawah itu, yakni karena bunyi yang dibuat oleh gua yang ada disitu mengeluarkan bunyi seperti suara burung, begitu halnya kawah kereta karena suaranya serupa suara kereta api yang jalan ataupun lebih serupa ke suara pesawat jet. Nach untuk kawah hujan ini sedikit berlainan tetapi kawah ini dipakai sebagai tempat mandi sauna untuk pelancong. Menurut keyakinan masyarakat sekitaran mandi sauna dikawah hujan ini bisa menahan semua jenis penyakit seperti jantung, stroke, influenza, dan lain-lain. Untuk temperatur di kawah ini bisa di mengatur tingkat kepanasannya sesuai kehendak beberapa pelancong.

Melihat Kawah Kamojang Sebagai Tujuan Menarik

Kemungkinan banyak yang belum mengenali dan dengar mengenai kawah ini. Kawah Komajang sendiri ada di Gunung Kamojang yang diatur oleh PLTP Kamojang, Indonesia Power dan Pertamina karena dipakai sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Bumi. Dan Kawah Kamojang jadi kawah pertama kali yang dayanya dapat digunakan. PLTP ini dibuat di saat periode penjajahan Belanda pada tahun 1926.

Selanjutnya disahkan Presiden Soeharto pada tahun 1983. Menurut penjaga kawah, uap yang dibuat oleh kawah ini dapat membuat kulit jadi sehat. Tidak itu saja, berbau dari uapnya yang dibuat bagus untuk pernapasan dan peredaran darah. Beberapa pengunjung memang menyengaja tiba untuk rasakan sauna alami atau untuk menentramkan pemikiran. Berikut sebagai daya magnet khusus dari rekreasi alam di Garut ini.

Mempunyai luas tempat sekitaran 10 ha membuat anda dapat bebas lakukan beberapa hal. Walau yang dapat ditelusuri cuma sekitaran 8 ha saja, karena bekasnya sedang dalam periode perombakkan. Di kawah ini ada 23 kawah dengan 2 salah satunya berwujud seperti danau yang mempunyai uap. Kawah ini mempunyai lorong yang berisi aliran uap yang bila disaksikan di atas akan seperti terlihat uap kereta api bawah tanah.

Wilayah ini sebagai Cagar Alam dan Rekan Rekreasi yang sudah diputuskan lewat Surat Keputusan Menteri. Hingga anda dapat memperoleh panorama alam yang dapat ditegaskan terbangun. Udaranya yang sejuk akan membuat anda berasa kerasan habiskan waktu pada tempat ini. Flora dan Faunannya jadi nilai plus yang membuat lokasi satu ini masuk ke lokasi yang direferensikan di Garut.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *