18 Tempat Wisata di Garut Paling Favorit dan Wajib Dikunjungi

18 Tempat Wisata di Garut Paling Favorit dan Wajib Dikunjungi – Ingin berlibur ke Garut? Silakan baca panduan wisata ke Garut yang sedetail mungkin kami sajikan di sini. Anda bisa temukan apa saja tempat wisata di Garut, cara menuju lokasi, hal yang dapat dilakukan di Garut, oleh-olehan ciri khas Garut, dan lain-lain.

Garut sebagai kabupaten yang berada tidak jauh dari kota Bandung. Kota ini cukup dikenali semenjak jaman penjajahan sebagai salah satunya tujuan tetirah/istirahat.

Tempat wisata di Garut cukup bermacam, dimulai dari wisata air panas, wisata air terjun, wisata gunung, sampai wisata pantai di Garut semua ada. Akses menuju Garut dari dari Bandung lumayan gampang, cuma sekitaran 2 jam saja anda telah dapat sampai.

Tujuan wisata terkenal di kota Garut dimulai dari gunung, s/d pantai. Tetapi karena tempatnya yang luas, kelihatannya mustahil untuk dapat berkunjung semua tempat wisata di Garut dalam satu hari saja.

Berikut ialah informasi sekitar tempat wisata di Garut yang sudah kami mengumpulkan. Silakan baca langsung ya.

  • 1. Cagar Alam Leuweung Sancang

Bernama ada embel-embel Sancang, pasti lokasinya berada di Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Garut. Mempunyai luas sekitaran 2.913 hektar. Ini sebagai salah satunya tempat wisata pelestarian rimba dan cagar alam dengan tingkat internasional di Indonesia dan dipisah jadi tiga teritori. Ada cagar alam pantai atau rimba pantai, rimba daratan rendah dan rimba mangrove atau bakau.

Di sini, ada primata yang mulai sangat jarang, yakni owa Jawa. Untuk beberapa tumbuhannya, ada tumbuhan yang diproteksi dan memulai sangat jarang, yakni kaboa dan meranti merah.

Disamping itu ada pula curug, tetapi harus seberang sungai lebih dahulu untuk ke curugnya. Oh ya, di Rimba Pantai, kita akan disajikan panorama bentangan pasir putih dan air laut yang masih jernih, karena kita berjalan pada tempat Pantai Leuweung Sancang.

  • 2. Karacak Valley

Paling terkenal tersebar bernama Karacak Valley, lokasi wisata ini ada di Jalan Karacak Valley, Garut, persisnya di tepian Kelurahan Margawati, Garut Kota dan Kelurahan Sukanegla, Garut kota.

Pada umumnya, wisata ini ialah rimba pinus dan kebun kopi dan mempunyai luas secara detail sekitaran 92 hektar. Tetapi, sampai terbitnya tulisan ini, yang dipakai untuk tempat wisata sekitaran 10 hektar.

Di sini, ada air terjun atau curug namanya Curug Ngebul buat kamu bermain air. Disamping itu ada pula pucuk, yang namanya Pucuk Dogar. Di pucuk itu kamu langsung bisa menyaksikan Gunung Cikuray dan lanscape wilayah Garut tanpa rintangan.

Baca Juga: 10 Kuliner Khas Garut yang Lezat

  • 3. Kawah Talaga Bodas

Berada di Kecamatan Wanaraja, Kawah Talaga Bodas sebagai danau kecil yang tercipta di atas kawah sisa letusan Gunung Talagabodas. Tempatnya serupa dengan Kawah Putih di Bandung, namun masih relatif asli.

Anda tak perlu tracking atau naik gunung untuk menuju kesini. Akses jalan langsung sampai ke lokasi kawah. Namun saat ini tidak langsung bisa parkir di tepi kawahnya. Saat ini, anda harus parkir di tempat yang ada, lebih kurang 1 KM saat sebelum kawah.

  • 4. Darajat Pass

Kolamnya berada di tepi tebing dan dapat saksikan panorama Kota Garut yang salah satunya ialah pegunungan dan pertanian di atas sekalian merendam dengan lanscape alam yang cantik.

Lokasinya berada di Jalan Darajat KM 14 Pasirwangi, Garut atau persisnya di Kampung Bedeng, Desa Karyamekar. Tempat ini pas untuk istirahat dan melepaskan capek sesudah keliling Kota Garut.

Sarana yang dijajakan yang khusus, tentu saja pemandian air panas dan kolam renang air biasa. Disamping itu, ada pula sarana seperti tempat outbound, foto studio, saung, WiFi gratis dan ada banyak kembali yang lain.

  • 5. Gunung Guntur

Gunung ini bisa saja alternative buat kamu yang menyukai naik gunung. Gunung ini berketinggian sekitaran 2.249 mtr. di permukaan laut dan sebuah gunung berapi yang berdasarkan catatan ialah gunung berapi yang paling aktif di tahun 1800-an di Pulau Jawa.

Keunikan Gunung Guntur umumnya berpasir, hingga tanaman tidak demikian banyak tumbuh dan terlihat tandus. Di sejumlah tempat lain umumnya cuma rumput liar yang tumbuh dan seperti terlihat savana. Pada bagian atas cuma ada banyak tanaman kantilever yang tumbuh. Selainnya kantilever, pohon pinus tumbuh semakin banyak di gunung ini.

  • 6. Gunung Papandayan

Ada sekitaran 70 km samping tenggara dari Kota Bandung, gunung ini mempunyai ketinggian sekitaran 2.665 mtr. di permukaan laut dan sebagai gunung berapi yang sudah seringkali memuntahkan lavanya.

Walau demikian, di sini ada beragam jenis keberagaman dan keindahan hayati dan selalu jadi tujuan wisatawan terutamanya beberapa pendaki.

Di sini ada kekuatan wisata yang prospektif. Salah satunya yakni Kawah Papandayan yang populer seperti Kawah Baru, Kawah Manuk, Kawah Mas dan Kawah Nangklak.

Disamping itu, ada pula Block Pondok Saladah, yakni padang rumput yang pas untuk kemping dengan ketinggian 2.288 mdpl dan luas sekitaran 8 hektar. Ada pula Block Sumber Air Panas alami untuk melepaskan rasa capek dan ada banyak kembali spot cantik di sini.

  • 7. Papandayan Leisure Park

Yang tidak mau terlampau rasakan capek mendaki Gunung Papandayan, dapat singgah ke Papandayan Leisure Park. Lokasinya berada di Jalan Papandayan, Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Garut yang berbukit terjal dan tebing curam. Di sini, kamu dapat nikmati pemandangan cantik dengan udara yang alami, segar dan sejuk.

Di sini, ada juga beragam tempat unik yang pas untuk selfie atau pre-wedding, seperti bentangan rumput hijau dan kolam yang ada tepat di tepi jalan. Disamping itu ada pula tempat outbound, bukit teletubbies, camping ground, menara pandang, rumah kabin dan yang lain.

  • 8. Leuwi Jurig

Bila dalam Bahasa Indonesia, maknanya kolam setan. Lokasinya berada di Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Garut. Walau dari namanya kedengar menakutkan, kenyataannya mempunyai pemandangan yang cantik.

Sebetulnya namanya asli Leuwi Rumpit, yang memiliki arti kolam bertebing dengan warna airnya biru-kehijauan dan jernih. Sepintas, tempat ini seperti terlihat Grand Canyon di Arizona, Amerka Serikat, karena bertebing batu dan warna airnya yang biru-kehijauan. Di sini, kamu dapat bermain air sepuasnya dan dengan lanscape semacam itu, benar-benar pas untuk background photo.

  • 9. Taman Satwa Cikembulan

Ada di Kecamatan Terlanjurora, Garut, persisnya di Kampung Jati, Desa Cikembulan. Pada awalnya ialah usaha dari masyarakat lokal dan mempunyai tujuan untuk wisata terintegrasi. Dibuka untuk khalayak di tahun 2009, kenyataannya telah ada semenjak tahun 1998.

Situasinya hampir sama dengan kebun binatang, namun tidak ada hewan memiliki ukuran besar seperti badak, gajah, dan jerapah. Taman Satwa Cikembulan mempunyai banyak hewan mamalia, primata dan reptil.Paling unik, di sini kamu dapat segera bercengkerama sama orang utan yang dilepaskan di kandang sedikit terbuka.

  • 10. Sabda Alam Water Park

Berekreasi air menjadi satu diantara opsi pas saat akhir minggu. Untuk warga yang ada Garut, bisa singgah ke Sabda Alam Water Park. Tempat ini Sediakan beragam kolam dan sarana air hebat, lho! Ada Wave Pool, Kiddies Pool, dan Spilled Bucket sebagai spot favorit pengunjung.

  • 11. Pantai Rancabuaya

Tawarkan daya tarik kejernihan air dan bentangan pasir putih yang lembut, Pantai Rancabuaya sebagai referensi tempat wisata asyik di Garut.

Banyak kegiatan yang dapat kamu coba di sini seperti berenang, berkeliling-keliling pantai dengan sampan, atau sekedar hanya cari spot photo. Pantai ini ada di Purbayani, Caringin, Garut Jawa Barat. Dibuka 24 jam, pada harga ticket masuk cuma Rp5 ribu saja, kamu dapat kesini kapan saja.

  • 12. Desa Wisata Sindangkasih

Ada di tengah nuansa alam yang asri, lokasi berlibur Dusun Wisata Sindangkasih tawarkan beberapa spot wisata yang hebat. Ada tempat persawahan hijau untuk latar photo. Bila ingin sedikit berlebihan bisa coba river tubing. Biayanya cuma Rp35 ribu untuk dewasa dan Rp20 ribu untuk anak-anak. Desa Wisata Sindangkasih membuka tiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

  • 13. Kamojang Ecopark

Kamojang Ecopark sebagai tempat wisata alam di Garut yang punyai bermacam spot Ada beberapa lokasi hebat di sini. Misalkan Lembah Manglayang, Lembah Kabut, dan Lembah Brokoli. Sarana yang dijajakan juga relatif komplet. Ada tempat flying fox, outbound, sampai camping ground di tengah-tengah alam segar.

  • 14. Pantai Santolo

Ingin lebih senang nikmati situasi alam Garut? Yok, coba ke Pantai Santolo! Lokasi wisata terkenal ini punyai mercusuar warna putih di pinggir pantai sebagai salah satunya daya magnetnya. Bila tidak mau berenang, kamu dapat habiskan waktu untuk membikin video estetik di bibir pantai, sambil menanti peristiwa sunset yang kece.

  • 15. Situ Bagendit

Wisata Garut setelah itu telaga atau Situ Bagendit. Tempat ini tawarkan daya tarik alam menarik dan keadaan angin segar. Ada juga beberapa rakit atau perahu bebek yang dapat dipakai untuk berkeliling-keliling telaga.

  • 16. Kampung Sampireun Resort dan Spa

Kampung Sampireun Resor dan Spa menjadi alternative spot healing terbaik saat jemu dengan kegiatan rutin tugas. Tempat ini ada di pinggir danau dengan pemandangan gunung yang cantik. Beberapa sarananya diantaranya tempat gathering, tempat spa, sampai ruang tidur terbatas.

  • 17. Curug Sanghyang Taraje

Wisata Garut mempunyai koleksi air terjun cantik, yaitu Curug Sanghyang Taraje. Tingginya sekitaran 8 mtr. dengan pemandangan alam cantik di teritori rimba. Ada sebuah batu tapak raksasa disekitaran curug. Kabarnya ini sebagai tempat Sangkuriang simpan bintang yang dijaga belut raksasa.

  • 18. Pantai Sayang Heulang

Tujuan wisata Garut yang elok ialah Pantai Sayang Heulang. Pantai ini mempunyai gurun pasir serupa Gurun Sahara di Afrika. Spot gumuknya juga pas jadi latar photo, ditambahkan daya tarik pantai menarik. Ada bukit hijau di dekat pantai yang disebutkan Bukit Teletubbies.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *