Tempat Wisata Di Limbangan, Pesona Di Utara Garut

Tempat Wisata Di Limbangan, Pesona Di Utara Garut – Limbangan dikalangan milenial sekarang ini cuma dikenali sebagai salah satunya kecamatan yang berada di Garut saja, walau sebenarnya kota ini sebagai cikal akan dari terciptanya Kabupaten Garut.

Di mana di tahun 1813 Limbangan sebuah Kabupaten yang dipegang oleh Raden Adipati Aria Adiwijaya atau dikenali RAA Adiwijaya, dan ibukotanya ada di wilayah Suci.

Beliau memegang sebagai Bupati Limbangan dari tahun 1813 sampai dengan tahun 1831. Berdasar sejarah, pada periode RAA Adiwijaya memegang sebagai Bupati terjadi peralihan ibu-kota.

Karena wilayah Suci dipandang kurang pas untuk dijadikan pusat pemerintah, beliau membuat panitia khusus untuk cari tempat yang pas.

Sampai diketemukanlah sebuah tempat yang mempunyai sumber mata air yang mengucur langsung ke Sungai Cimanuk, yang sekarang ini dikenali bernama Garut.

Demikian sepotong cerita mengenai Kecamatan Balubur Limbangan, atau umum disebutkan Limbangan. Ini kali kami akan menyuguhkan tempat wisata yang berada di Kecamatan Balubur Limbangan yang pasti pantas untuk jadi tujuan wisata seterusnya.

Baca Juga: 9 Tempat Ziarah Di Garut Yang Bersejarah Dan Dikeramatkan

Pesona Jati Ciwangi

Pesona Jati Ciwangi (PJC) tempat wisata di Limbangan yang menyajikan ademnya rimba pinus, dan kerap digunakan pengunjung untuk aktivitas rekreasi dengan keluarga.

Sarana yang ada juga telah oke, dimulai dari tersedianya toilet, masjid, warung minuman dan makanan, gazebo, sarana permainan untuk anak, sampai spot photo yang kece sekali.

Pesona Jati Ciwangi sempat ditutup beberapa lalu karena berfungsinya PPKM daerah saat itu, tempat wisata yang diatur oleh Bumdes Ciwangi bekerja bersama dengan RPH Limbangan sekarang ini dapat didatangi kembali.

PJC mempunyai luas sekitaran 2 hektar dan dikuasai oleh tingginya rimba pinus yang merintangi cahaya si mentari untuk langsung ke bumi, nikmat sekali untuk ngadem.

Untuk beberapa milenial yang suka ngopi, Pesona Jati Ciwangi sediakan spot yang namanya De Jati Coffee. Cicipilah satu cangkir kopi panas dengan pemandangan alam yang sejuk dan cantik. Hulang – healing sekali ya….

Terbuka sepanjang 24 jam membuat Pesona Jati Ciwangi banyak digunakan oleh pengunjung untuk nikmati sunset atau matahari terbenam. Situasi malam akan sangat terasa berlainan serta lebih romantis.

Pesona Jati Ciwangi sebagai tempat wisata di Limbangan yang tersering didatangi, karena Desa Ciwangi dibuat menjadi desa wisata dengan semua pesona yang dipunyainya.

Lokasi: Jl. Manja Beureum, Desa Ciwangi, Kecamatan Balubur Limbangan, Garut.
Tiket masuk: Rp. 5.000,- per-orang

Tempat Wisata Paling dekat

Kecamatan Balubur Limbangan bersebelahan dengan Kecamatan Cibiuk di samping selatannya. Di kecamatan itu ada salah satunya tempat wisata yang hits pada awal tahun ini, yaitu Antapura De Djati.

Antapura De Djati baru disahkan di tanggal 6 Februari 2022 dengan menyajikan wisata kulineran yang dibalut wisata alam dan spot photo yang berdasarkan tempat pesawahan dengan kontur terasering.

Sarana permainan dan spot photo yang berada di Antapura De Djati salah satunya:

  • Ayunan (Big Swing)
  • Kerucut menggantung
  • Balon udara
  • Sarang burung
  • Sepeda menggantung

Dengan adanya banyak sarana dan spot photo yang ada, tidaklah aneh bila Antapura De Djati menjadi satu diantara tempat wisata yang hits pada awal tahun keberadaannya.

  • Lokasi: Jalan Raya Cibiuk, Desa Cibiuk Kaler, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 25.000,-
  • Jam membuka: 08.00 – 12.00

Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *