Pantai Cidora

Pantai Cidora, Spot Favorit Menikmati Sunset di Garut

Pantai Cidora, Spot Favorit Menikmati Sunset di Garut – Wilayah pesisir selatan Garut, Jawa Barat mempunyai banyak pantai menawan yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya merupakan Pantai Cidora yang bersebelahan dengan Pantai Rancabuaya yang populer di kalangan pelancong. Wilayah pantainya cukup landai dengan pasir hitam dan batuan karang di sebagian sisi pantai tempatwisatagarut.com.
Pantai ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang tak menyukai keramaian. Pengunjung yang lebih sedikit dibanding Rancabuaya membikin suasana pantai lebih sepi dan hening. Pelancong dapat merasakan panorama dan suasana pantai dengan lebih puas seperti berada di pantai pribadi.

Spot Favorit Menikmati Sunset di Garut

Ombak di Pantai Cidora bahkan tak seganas pantai di laut selatan lainnya sebab ada sebagian tebing karang yang memecah ombak. Pada dikala air laut surut, kolam-kolam kecil di celah batu karang dengan ikan-ikan kecil yang dapat dipancing.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cidora

1. Pantai yang Landai
Karakteristik pantai ini cukup landai dengan pasir pantai yang hitam dan sedikit kasar. Memanjang sekitar 1 kilometer dengan ombak yang menakjubkan. Di dekat sebuah muara, ombaknya lebih ramah sebab dilindungi tebing sehingga ombak besar pecah sebelum hingga ke panti.
Pemandangan lautnya bersatu cantik dengan panorama perbukitan hijau yang di sekitarnya. Tebing yang ditumbuhi pohon-pohon rindang di sekitar pantai menjadi suguhan untuk para pelancong.
Di sebagian sisi pantai, pengunjung dapat menemukan panorama batu karang dengan ombak yang berulang kali menerjang. Pelancong dapat mengamati lebih dekat dikala pasang surut. Kolam-kolam kecil tercipta dari air laut yang terjebak di tengah-tengah batu karang.
2. Suasana Pantai yang Hening
Deburan ombak menjadi bunyi alam yang memecah suasana di Pantai Cidora yang memikat. Pengunjung yang tak sebanyak di pantai-pantai populer membikin wilayah ini lebih hening.
Pelancong akan didampingi dengan bunyi ombak di sekitar pantai. Pohon-pohon yang berderet di sepanjang pantai kian menambah suasana adem di daerah ini. Memberikan udara segar dan semilir angin yang menenangkan di tengah cuaca yang terik.
3. Sunset
Pesona estetika dari Pantai Cidora juga ada pada panorama sang surya terbenamnya. Laut selatan memang mempunyai pesona tersendiri yang senantiasa menjadi buruan pada pecinta sunset. Pantai yang menghadap laut lepas ini menjadi daerah terbaik untuk mengamati estetika sang surya terbenam.
Sekiranya hari sedang cemerlang, panorama burung-burung di laut memasuki sang surya terbenam juga dapat menonjol. Cahaya senja yang terpantul di permukaan air laut dan mewujudkan siluet tebing di sekitar pantai menyuguhkan panorama menakjubkan untuk mengakhiri hari yang cantik.
4. Titik Memancing
Panorama menawan di pantai ini tersaji dengan hamparan pasir pantai dan batuan karang. Di zona bebatuan inilah menjadi titik memancing unggulan para pelancong. Banyak ikan yang umumnya terperangkap di batuan karang dikala air laut sedang surut.
Kecuali menyediakan titik memancing, zona yang dihiasi batuan karang ini juga menawarkan titik foto natural. Estetika pantai dan adanya batu karang membikin panorama menonjol lebih estetis.

Domisili dan Rute Menuju Lokasi

Meski tak banyak papan penunjuk arah ke pantai, tapi tak susah untuk menemukan daerah tamasya bahari Desa Purbayani ini. Letaknya berdekatan dengan Pantai Rancabuaya yang telah populer di kalangan traveller. Jadi Anda dapat mengaplikasikan rute yang sama seperti menuju Pantai Rancabuaya.
Sekiranya dari luar tempat, Anda dapat mengaplikasikan jalanan selatan atau dapat juga melewati Tasikmalaya. Lewat jalanan Cipatujah yang menawarkan panorama laut di sepanjang jalan. Meskipun untuk pelancong dari arah Kota Garut dapat lantas ke selatan menuju Desa Purbayani di Kecamatan Caringin, Garut, Jawa Barat.
Perjalanan dari sentra Kota Garut memakan waktu sekitar 4-5 jam. Pakai rute yang menuju Pantai Rancabuaya sampai masuk ke pintu masuk pantai hal yang demikian. Anda akan menemukan papan bertuliskan Pantai Cidora sebelum Anda menempuh Pantai Rancabuaya.
Pelancong yang berada di Rancabuaya juga dapat mampir ke Cidora dengan berjalan kaki sekitar 15 menit. Dua pantai ini memang bersebelahan dengan tebing karang yang memegangnya. Sekiranya laut sedang surut, akan terbuka daratan untuk pelancong yang berharap mengakses pantai di sebelahnya dengan jalan kaki.
Harga Karcis Masuk Liburan Pantai
Tak perlu pusing dengan budget tamasya sebab tamasya di pantai ini betul-betul murah meriah. Pengunjung cuma perlu membayar karcis masuk Rp 5.000,- untuk tiap orangnya. Pelancong bisa mengunjungi Pantai Cidora kapan saja sebab daerah ini buka tiap hari selama 24 jam penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *