Mengenal Jeruk Garut yang Khas

Jeruk Garut ialah salah-satu ikon Kabupaten Garut yang benar-benar populer di kalangan masyarakat, bagus di tataran lokal, ataupun tingkat nasional.
Jeruk Garut menegaskan bahwa ikon Kabupaten Garut bukan cuma dodol, dan domba saja. Dan perlu dikenal bahwa Garut ialah salah-satu tempat penghasil jeruk terbesar di Jawa Barat tempatwisatagarut.com, meski varietas Jeruk Garut yang aslinya cuma sedikit.
Pada tanggal 22 juni tahun 1999, Jeruk Garut diatur sebagai Jeruk Varietas Unggul Nasional, ketentuan hal yang demikian mengacu terhadap SK Menteri Pertanian Nomor 760/KPTS 240/6/99.
Baca Juga : Pantai di Garut yang Masih Alami dan Tersembunyi
Jeruk Garut yang diatur hal yang demikian bernama Jeruk Keprok Garut I. Dan inilah ulasan perihal Jeruk Garut yang telah kami siapkan untuk anda.

Sejarah Jeruk Garut

Jeruk Garut yang ada ketika ini memang tak sebanyak dahulu. Malahan di sebagian masyarakat percaya bahwa Jeruk Garut yang autentik telah punah.
Akhir sejarah kejayaan Jeruk Garut dari sisi banyak dan tidaknya ialah pada tahun 1987. Pengaruh dari letusan Gunung Galunggung menjadi salah-satu penyebabnya.
Sedangkan sesudah dilaksanakan penelitian, terbukti berkurangnya Jeruk Garut dikarenakan oleh kuman yang dibawa oleh hewan variasi tertentu, semacam kutu loncat.

Ciri – Ciri Jeruk Garut

Tentu saja Jeruk Garut mempunyai kekhasannya tersendiri yang membedakannya dengan jeruk-jeruk lainnya. Malahan berdasarkan sebagian sumber mengatakan bahwa Jeruk Garut yang autentik benar-benar berbeda dengan jeruk yang ada ketika ini di Garut.
Jeruk Keprok, atau Jeruk Siem Garut sesekali dianggap sama dengan Jeruk Garut yang autentik. Walaupun terdapat perbedaan satu sama lain.

Jenis Jeruk Garut

Macam jeruk yang banyak ditanam di Kabupaten garut ialah sebagai berikut:
Jeruk Keprok,
Jeruk Siem,
Jeruk Orange Priangan,
Jeruk Konde
Tempat Penghasil Jeruk Di Garut
Inilah sebagian tempat penghasil jeruk yang ada di Kabupaten Garut:
Kecamatan Sucinaraja,
Kecamatan Pasirwangi,
Kecamatan Samarang,
Kecamatan Bayongbong,
Kecamatan Cigedug,
Kecamatan Karangpawitan,
Kecamatan Cisurupan,
Kecamatan Cikajang.
Daerah Tamasya Jeruk Garut
Sebagai buah autentik dari Garut, tentu saja daerah tamasya yang menghadirkan buah segar hal yang demikian menjadi sebuah keharusan. Terdapat sebagian daerah tamasya di Kecamatan Cikajang lebih-lebih yang memberikan sensasi memetik buah jeruk lantas dari pohonnya.
Kebun Edukasi Eptilu adalah salah satu daerah tamasya jeruk Garut yang bisa dikunjungi. Disana kau bisa memetik buah jeruk lantas dari pohonnya, dan menikmatinya.

Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *