Kampoeng Jokowi

Cantiknya Kampoeng Jokowi di Garut

Kampoeng Jokowi yakni perkampungan yang dihuni para pekerja kebun teh yang sekarang diciptakan sebuah obyek liburan baru di Garut. Obyek liburan ini menawarkan suasana kesederhanaan khas perkampungan dengan panorama alam asri dan udara yang sungguh-sungguh teduh tempatwisatagarut.com.
Obyek liburan baru yang mulai didirikan pada permulaan tahun 2017 ini terletak di kaki Gunung Cikuray atau tepatnya di wilayah Perkebunan Teh Nusantara VIII Dayeuhmanggung, Kecamatan Cilawu, Garut.

Kampoeng Jokowi di Garut

Pengelola Kampoeng , Asep Budi Jatnika mengatakan, mulanya pemukiman warga ini bernama Kampung Cipinang. Melainkan nama hal yang demikian diubah menjadi Kampoeng sebab terinspirasi oleh kesederhanaan Presiden RI ke-7 itu.
“Mulanya kampung ini merupakan pemukiman warga umum yang dihuni oleh karyawan perkebunan. Sebelumnya, tak akan diciptakan obyek liburan, melainkan rupanya banyak pelancong yang berkunjung ke sini” ungkap pria yang akrab disapa ABJ itu.
Untuk nama Kampoeng Jokowi sendiri, memang terinspirasi dari Presiden Jokowi. “Sebab berdasarkan aku, Jokowi yakni sosok simpel yang dapat menjadi Presiden RI dengan kerja kerasnya. Diinginkan, Tamasya Kampoeng sendiri dapat mendunia seperti Pak Jokowi” Asep menambahkan.
Di Kampoeng ini terdapat sekitar 40 rumah, yang kebanyakan yakni rumah peninggalan bangsa Belanda. Uniknya, rumah-rumah hal yang demikian dicat berwarna-warni.

Variasi Kampoeng di Garut

Di tiap-tiap halaman rumah, ditambahkan pula bermacam variasi tanaman hias dan tanaman obat yang dapat dimanfaatkan oleh warga dan pelancong. Uniknya lagi, tanaman-tanaman itu di simpan diatas pot yang terbuat dari bermacam variasi barang bekas seperti celana jeans, kaleng cat, ban kendaraan beroda empat bekas, dan batok kelapa.
“Selain pasti, di Kampoeng ini, semua variasi barang-barang yang tak bernilai disulap menjadi barang berguna. Tentunya dilakukan oleh para warga di Kampoeng ” katanya.
Di komponen belakang Kampoeng ini, terdapat sebuah balai daerah berkumpul warga yang diberikan nama “Bale Kampoeng Jokowi”. Disediakan juga titik untuk berfoto bagi para pelancong dengan latar gambar tiga dimensi yang menandakan suasana alam.

Luas Kampoeng Jokowi

Sementara itu, di komponen depan obyek liburan seluas 4 hektare ini, terdapat sebuah patung Presiden Jokowi dilengkapi dengan plang bertuliskan Kampoeng Jokowi, dan sejumlah daerah tanaman yang dicat bertuliskan huruf Jokowi secara berurutan.
“Objek memang benar-benar terinspirasi dari Presiden Jokowi, ini juga yakni singkatan dari Jadikan Olehmu Kebun DAM (Dayeuhmanggung) Obyek Tamasya Karena” ungkap Asep.
“Mohon maaf patungnya kurang total. Semenjak, patung ini buatan swadaya warga di sini. Semoga saja Pak Presiden berkenan mengirim patung orisinil ke sini” guraunya.
Selain kali pertama dikenalkan ke publik, telah banyak pelancong lokal ataupun dari mancanegara yang berkunjung ke daerah ini. Objek dapat memanjakan mata dengan cantiknya panorama yang asri, pelancong juga bisa menikmati udara teduh khas pegunungan.
 anda berkeinginan berkunjung ke wisata ini, anda cuma diharuskan membayar tarif masuk sebesar Rp 5 ribu/ orang. Untuk menuju wisata, anda perlu mencapai perjalanan mengaplikasikan kendaraan roda dua ataupun roda empat sekitar 18 kilometer dari sentra kota Garut.

Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *