Oleh-Oleh khas Garut yang Wajib untuk Dicoba

Untuk kamu yang ingin atau hendak berlibur ke Garut, sudah pasti berencana unruk membeli buah tangan yang bisa dibawa pulang sehabis liburan. Untuk itu, Keluyuran akan membagikan informasi tentang 10 oleh-oleh khas Garut yang wajib untuk kamu beli saat keluyuran di Kota Intan tersebut. Penasaran, oleh-oleh apa sajakah itu? Untuk mengetahuinya, yuk, simak langsung pembahasan di tempatwisatagarut.com.
1. Jaket Kulit
Salah satu dari sekian banyak oleh-oleh khas Garut yang paling terkenal adalah jaket kulit. Ya, jaket kulit dari Garut ini kualitasnya nggak kalah dari jaket kulit buatan luar negeri, lho. Jaket kulit asal Garut umumnya dibuat dari bahan berupa campuran kulit domba dan sapi.
Baca Juga : Antapura De Djati, Tujuan Wisata Garut yang sedang Hits
Jaket kulit asli Garut dipasarkan dengan harga yang beragam. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk membeli jaket kulit dari Garut yang berkualitas, kamu tak perlu jauh-jauh datang ke tempat asalnya. Terlebih bila kamu tak memiliki banyak waktu untuk berbelanja. Silakan klik link ini untuk membeli jaket kulit asli Garut via Bukalapak.
2. Batik Garutan
Oleh-oleh lainnya yang harus kamu bawa pulang saat berkunjung ke Garut adalah batik Garutan. Batik Garutan memiliki banyak motif dan warna yang cantik. Batik asal Garut ini juga terkesan modern dan sangat cocok untuk dipakai oleh anak muda kekinian.
Batik Garutan ini motifnya terinspirasi dari keseharian masyarakat garut sebelum Indonesia merdeka. Batik Garutan sendiri punya empat jenis, yakni batik cap, batik tulis, batik lukis dan batik kombinasi. Tertarik untuk memiliki batik Garutan? Silakan klik link ini untuk membelinya via Bukalapak.
3. Kain Tenun Sutera
Nah, bukan cuma batik Garutan saja yang bisa kamu jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Ada kain tenun berbahan sutera juga, lho. For your info, Garut adalah salah satu daerah penghasil sutera yang ada di Nusantara.
Kain tenun sutera dari Garut ini memiliki banyak motif, lho. Tapi, motif yang paling umum dari kain tenunnya ini adalah motif bunga-bungaan. Warna dari kain tenun sutera asli Garut juga serupa dengan batik Garutan yang rata-rata memiliki warna cerah.
Kain tenun sutera Garut umumnya dipasarkan dengan kisaran harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tertarik untuk membeli kain tenun sutera asli Garut ini? Silakan klik link ini untuk membelinya di Bukalapak.
4. Kerajinan dari Akar Wangi
Garut juga punya aneka kerajinan akar wangi yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh, lho. Kerajinan akar wangi tersebut berupa tas, hiasan dinding, bed cover, sampai sajadah. Hebatnya, kerajinan akar wangi dari Garut ini tak hanya diminati oleh masyarakat atau wisatawan domestik, melainkan juga oleh wisatawan dari luar negeri. Kerajinan yang terbuat dari akar wangi ini dipasarkan dengan harga yang bervariasi, mulai dari belasan ribu hingga jutaan rupiah.
5. Sepatu Kulit
Bukan cuma jaket kulit saja, di Garut, kamu juga bisa membeli sepatu kulit berkualitas. Hingga kini, ada beberapa merk sepatu kulit asli Garut yang mampu bersaing dengan sepatu kulit dari brand-brand terkenal.
Sepatu kulit dari Garut hadir dalam berbagai model dan ukuran. Nah, gimana, tertarik untuk menjadikan sepatu kulit Garut sebagai oleh-oleh buat keluarga atau teman kamu? Silakan klik link ini untuk membelinya via Bukalapak.
6. Jeruk Garut
Nah, setelah tadi membahas oleh-oleh berupa barang, kini kita beralih ke buah tangan lainnya berupa makanan. Ya, ada jeruk khas Garut, buah tangan yang cukup banyak dicari para pelancong.
Jeruk yang nyaris tak ditemukan karena letusan Gunung Galunggung puluhan tahun lalu ini punya citarasa asam nan segar yang bikin ketagihan. Nah, kalau berlibur ke Garut, jangan lupa bawakan jeruk Garut sebagai oleh-oleh untuk orang tercinta di rumah, ya.
7. Kerupuk Kulit Sapi
Selain jeruk Garut, ada pula kerupuk kulit sapi. Kerupuk yang juga dikenal dengan nama dorokdok ini punya citarasa gurih dan teksturnya renyah. Dorokdok atau kerupuk kulit terbuat dari kulit sapi yang diberi racikan rempah-rempah juga bumbu seperti bawang putih, ketumbar, kunir, dan bahan-bahan lainnya.
Nah, banyak yang tak tahu kalau dorokdok dan kerupuk kulit memiliki perbedaan. Sebenarnya kerupuk kulit khas Garut dan kerupuk kulit biasa tidaklah sama karena bahan yang digunakan untuk pembuatannya juga berbeda.

Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *