Curug Citiis

Curug Citiis, Air Terjun dengan Panorama Memukau

Curug Citiis yakni destinasi tenar yang banyak dikunjungi pelancong di Kabupaten Garut, apalagi yang mempunyai hobi sebagai penjelajah. Liburan ini yakni daerah air terjun yang berada di kaki Gunung Galunggung. Kecantikannya terpancar dari suasana alam yang masih asri dengan ditambah hutan lebat khas pegunungan tempatwisatagarut.com.
Liburan ini mempunyai sejarah yang betul-betul angker, warga setempat berpendapat bahwa wilayah ini mempunyai cerita mistis. Konon daerah ini diaplikasikan sebagai daerah berkumpulnya para raja besar dari Pasundan. Malah daerah ini, juga sebagai daerah bertapa para raja untuk mendapat kesaktian. Dipilih sebab daerah ini terpencil dan mempunyai suasana yang hening.

Curug Citiis, Air Terjun dengan Panorama Memukau

Masyarakat sekitar juga ada yang berpendapat bahwa daerah ini yakni untuk buang bayi dalam kandungan dan para bayi pengaruh pengguguran oleh dukun beranak. Beberapa warga dan pelancong datang ke Curug Citiis ada yang mendengar bunyi bayi menangis atau malah ngakak. Walau malah terkesan angker, melainkan tak menumbangkan motivasi para pelancong untuk merasakan daerah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Citiis

Curug Citiis mempunyai estetika alam yang masih natural, hutan yang lebat dan panorama gunung membikin tenaga tarik tersendiri untuk pelancong. Apalagi medannya masih terbilang susah untuk dilalui, padahal malah demikian itu tak menumbangkan motivasi para pengunjung untuk memandang estetika air terjun ini.
1. Estetika Natural Bagaikan Surga
Estetika alam yang masih terjaga membikin panorama betul-betul cantik, malah seperti berada di surga. Suasana yang hening, teduh, dan asri memberikan poin plus untuk merasakan pesonanya air terjun ini. Lebatnya hutan di pegunungan kian menambah tenaga tarik para penjelajah.
2. Segarnya air terjun
Curug Citiis berasal dari sumber mata air Gunung Galunggung, sehingga membikin air terjun ini berasa segar. Beberapa penduduk berpendapat jika air ini dapat diminum seketika. Malah banyak para warga yang menghasilkan air hal yang demikian sebagai sumber air pada musim kemarau.
3. Daerah Menantang
Kecuali mempunyai estetika natural yang menawan, beberapa pelancong merasa daerah ini menjadi tantangan untuk menguji adrenalin. Tampak dari medan yang dituju masih terbilang susah, apalagi rimbunnya pohon-pohon dan tanaman hutan membikin kian susahnya lokasi yang dituju.
4. Baik untuk Berpetualang di Alam Bebas
Dengan menyusuri zona hutan untuk menuju tamasya ini, bagi penjelajah bisa menikmati petualangan di alam bebas. Hutan yang masih natural, asri, dan susahnya jangkauan membikin petualangan akan kian tertantang, apalagi di alam bebas.
5. Terdapat Bermacam Binatang dan Tumbuhan Langkah
Selama perjalanan menuju Curug Citiis, pelancong akan diwujudkan terkagum dengan binatang-binatang dan tumbuhan yang jarang dijumpai. Mempunyai halnya rusa bertanduk merah, kawanan simpanse, landak putih, bunga kantong semar, tanaman anggrek hutan, dan lain sebagainya.
6. Energi Pemandian Air Panas
Kekuatan tarik lainnya, tempat ini juga tenar dengan pemandian air panas. Sebelum mendaki ke air terjun, pelancong akan menemukan daerah pemandian air panas. Air panasnya berasal dari sulfur yang terdapat di Gunung Galunggung.

Rute Menuju Lokasi

Pengunjung yang mau berkunjung ke Curug Citiis bisa mengunjungi lokasi yang berlokasi di kaki Gunung Galunggung, tepatnya di Padakembang, Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Pengunjung bisa menerapkan alat transportasi berupa kendaraan roda dua berkeinginan malah roda empat.
Untuk medan yang dicapai cukup gampang, sebab jalan menuju wilayah ini telah di aspal. Itu, treknya penuh dengan belokan dan naik turun khas pegunungan. Pengunjung bisa mencapai jarak 45 km dengan waktu sekitar 1 jam lebih dari Kota Tasikmalaya.
Rute menuju ke tamasya ini dari Tasikmalaya ke Kec. Cisinga, lalu menuju Singaparna, kemudian menuju Kec. Padakembang, terakhir desa Padakembang. Dari sini Gunung Galunggung telah nampak terang. Pengunjung tinggal mendaki ke daerah air terjun, untuk pendakian akan ada sebagian wilayah yang licin dan terjal sehingga patut konsisten berhati-hati.
Selama perjalanan pengunjung akan disuguhkan dengan panorama khas pegunungan, perkebunan sayuran, pemukiman warga, hutan galunggung, dan lain sebagainya. Inilah yang membikin perjalanan kian gampang, sebab motivasinya para pengunjung.
Pengunjung yang masih kesusahan menemukan lokasi ini, jangan cemas sebab sudah tersedia plang penunjuk arah di belokan jalan. Kecuali malah, ketika mendaki telah terdapat artikel penunjuk jalan, supaya pengunjung tak tersesat. Kecuali itu, pengunjung bisa mencarinya di Goggle Maps sekiranya jaringan sinyal Anda lancar.

Harga Masuk Wisata Alam

Bagi yang menyukai dengan trekking, Pendakian, dan berpetualang daerah inilah yang banyak sekali dicari. Kecuali mempunyai daerah yang masih natural dan trek yang penuh tantangan, di akhir perjalanan akan disuguhkan panorama Curug Citiis atau air terjun. Pengunjung bisa sekaligus berenang untuk merasakan guyuran dari air terjun.
Pengunjung yang mau ke daerah ini, bisa mengunjunginya tiap hari selama 24 jam. Hanya Gunung Galunggung juga dipergunakan untuk daerah camping, sehingga sewaktu-waktu bisa menghubungi juru kunci dari gunung hal yang demikian.
Pengunjung juga tak akan cemas sebab menuju ke tamasya ini tak perlu membayar karcis atau malah cuma-cuma. Tetapi dikenakan tarif parkir untuk kendaraan beroda empat Rp5.000 dan motor Rp3.000. , untuk pengunjung yang mau menikmati pemandian air panas dikenakan tarif Rp5.000 per orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *