Pesona Leuwi Jurig

Pesona Leuwi Jurig, Surga Alam Tersembunyi di Garut

Pesona Leuwi Jurig, Surga Alam Tersembunyi di Garut – salah satu kawasan administratif dari Provinsi Jawa Barat yang luasnya menempuh 3.065 kilometer persegi ini berbatasan lantas dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang di komponen utara, Kabupaten Tasikmalaya di komponen timur, Samudera Hindia di komponen selatan, juga Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur di komponen Barat. Kawasan ini memiliki topografi kawasan yang berjenis-jenis sehingga membuatnya mempunyai banyak objek tamasya alam yang potensial, seperti perbukitan, pegunungan, pantai, dan lainnya yang tentu menarik untuk didatangi tempatwisatagarut.com.
Leuwi Jurig yakni sebuah lubuk yang mempunyai air yang bening dengan kedalaman 1-10 meter. Kata “Leuwi” yaitu kosa kata Bahasa Sunda yang dalam Bahasa Indonesia mempunyai arti sungai, meski kata “Jurig” yaitu kata yang berarti hantu. Walaupun terdengar angker, pada kenyataanya penamaan hal yang demikian tak membikin lokasi tamasya yang unik ini penuh dengan kesan mistis. Sekiranya anda beratensi untuk berkunjung ke objek tamasya Leuwi Jurig ini, mari simak review berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Leuwi Jurig

Destinasi alam ini tak jarang kali disebut sebagai Grand Canyon versi Indonesia”. Julukan ini diberi bukan tanpa alasan, karena daerah tamasya yan cantik ini memang mempunyai kemiripan dengan tamasya yang ada di yang berada di Sungai Colorado, Amerika Serikat. Karenanya dari itu, anda tak perlu pergi keluar negeri untuk mengunjungi daerah serupa karena negeri kita ini bahkan memiliki objek tamasya serupa yang tak dapat diremehkan keindahannya.
Objek tamasya yang masih asri ini mempunyai kolam dengan air yang berwarna hijau kebiruan yang bening. Warna hal yang demikian akan kian kelihatan keindahannya bila tersorot oleh cahaya sang surya yang cemerlang. Kecuali itu, pemandangan yang ditawarkan bahkan kian menarik karena adanya dinding batuan yang memutari kolam hal yang demikian.
Kwalitas dan kuantitas air Leuwi Jurig yang masih terjaga dengan bagus membikin anda akan menikmati kesejukan yang mungkin sebelumnya belum pernah anda rasakan. Anda bisa bebas untuk bermain di wilayah tamasya air ini. Melainkan, anda juga diinginkan untuk senantiasa berhati-hati karena daerah ini mempunyai kedalaman yang berbeda di tiap titiknya.
Sekiranya anda mau berlibur dengan tarif yang murah, karenanya daerah ini bisa menjadi tujuan yang dapat masuk ke dalam daftar alternatif objek tamasya yang mau dikunjungi. Alamat hal yang demikian bisa menjadi sebuah tenaga tarik tersendiri karena masih banyak daerah yang mewajibkan para pengunjungnya untuk mengeluarkan tarif yang tak kecil untuk merasakan pesona wisatanya.

Rute Menuju Lokasi

Leuwi Jurig ini berada di Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44165. Untuk menempuh lokasi hal yang demikian, anda akan mencapai jarak kurang lebih 65 kilometer dari sentra Kabupaten Garut dengan waktu perjalanan sekitar 2,5 jam. Kecuali peta daring seperti google maps tentu bisa menolong anda dengan lebih bagus dalam mencari rute. Kecuali itu, anda juga bisa bertanya pada penduduk sekitar agar menerima jalanan “tikus” yang membikin perjalanan anda akan menjadi lebih efisien.
Sebagai ilustrasi, anda bisa pergi ke arah tenggara menuju tempat Marga Mulya yang kemudian dilanjutkan ke tempat Panyindangan sesudah kurang lebih mencapai jarak sepanjang 7 kilometer. Tidak itu, anda bisa pergi menuju Jalan Raya Cisompet dan sekitar 9 kilometer kemudian, arahkan kendaraan anda ke Jalan Raya Cigodeg.
Kemudian anda perlu mengarah ke Jalan Raya Pantai Cijayana dan dilanjutkan ke Jalan Rajawali atau yang tak jarang disebut juga sebagai Jalan Raya Bungbulang. Karcis jauh dari lokasi hal yang demikian, anda akan menemukan pertanda Pesona Leuwi Jurig yang mengarah ke destinasi alam ini.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk menjelang wilayah tamasya Leuwi Jurig, tarif yang perlu anda keluarkan cukup relatif murah, merupakan Rp 5.000 per orangnya. Sekiranya anda menerapkan kendaraan pribadi, karenanya anda juga wajib membayar tarif retribusi parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.
Untuk waktu operasionalnya sendiri, destinasi alam nan cantik ini dibuka selama 24 jam penuh. Melainkan Pesona Leuwi Jurig, pada biasanya orang-orang akan berkunjung pada pagi sampai petang hari saja.

Hal Menarik di Leuwi Jurig

1. Bermain Air
Namun berada di Leuwi Jurig, anda bisa berenang dengan menyenangkan karena airnya yang adem dan bening. Melainkan jikalau anda belum terlalu terampil untuk berenang, sebaiknya pilih titik pinggir kolam saja karena cukup membahayakan jikalau anda memilih titik tengah kolam mengingat kedalamannya yang menempuh 10 meter. Terdapat sebagian titik yang bisa anda jadikan daerah untuk mengerjakan lompatan-lompatan air yang unik. Sekiranya anda mau bersantai di permukaan air, anda bisa mengerjakannya di daerah ini dengan membawa pelampung atau balon air sendiri.
2. Menjelajahi Badan Sungai
Anda bisa mengerjakan penjelajahan sungai menerapkan perahu yang bisa anda sewa atau mengerjakan body rafting yang akan diantar oleh orang yang lebih berpengalaman. Dijalankan ini yaitu hal yang sesuai bagi anda yang menyukai mengeksplorasi hal-hal baru dengan metode yang tak awam.
3. Berpiknik
Berpiknik bersama keluarga atau sahabat bisa membikin perasaan menjadi lebih bagus. Sekiranya lingkungan yang asri bahkan membikin aktivitas bersantap sembari bercengkrama ini bisa menjadi lebih menyenangkan. Sekiranya anda lupa untuk membawa bekal makanan, anda dapat membelinya di penjual yang ada di sekitar daerah hal yang demikian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *