Curug Orok

Curug Orok, Kesejukan Udara Air Terjun di Garut

Curug Orok, Kesejukan Udara Air Terjun di Garut – Kabupaten Garut sebagai sisi dari Provinsi Jawa Barat, yang memiliki udara yang sejuk dan dingin. Hal itu karena Garut dikitari oleh beberapa Gunung, salah satunya Gunung Papandayan, Gunung Cikuray dan Gunung Guntur.

Jadi tidak bingung bila Charlie Chaplin menyebutkan Garut sebagai “Swiss Van Java”. Karena udaranya yang sejuk dan dingin.

Banyak keindahan alam yang bisa kamu cicipi bila bertandang ke Kabupaten Garut. Yang hendak kami ulas ini kali adalah berkenaan sebuah air terjun yang berada di Kecamatan Cikajang, yang namanya Curug Orok.

Ingin tahu dengan aktivitas apa yang bisa kamu kerjakan di Curug Orok? Cek this out!

Macam Wisata di Curug Orok

Macam wisata yang bisa kamu kerjakan di area Curug Orok, salah satunya :

1. Nikmati Keindahan Alam Curug Orok

Curug Orok mempunyai tiga saluran air terjun, satu air terjun membubung tinggi sekitaran 45 mtr. dan bekasnya kecil dan keluarkan air dari balik batu-batuan. Area wisata ini telah diketemukan semenjak jaman kependudukan Belanda di Indonesia, dan memulai dibuka untuk umum semenjak tanggal 21 April tahun 1996 lalu.

Telah lumayan lama memang Curug Orok bekerja, jadi tidak bingung bila menjadikan sebagai salah satunya curug yang populer di Kabupaten Garut. Sekarang ini Curug Orok diatur oleh PT. Perkebunan Nusantara yang disebut sisi dari PT. Perkebunan Papandayan.

Curug Orok dikitari oleh pohon-pohonan yang teduh, dan kadang kita dapat menyaksikan monyet-monyet liar bergelantung di dahan pohon. Udaranya benar-benar sejuk dan segar, kemungkinan untuk beberapa orang udaranya berasa dingin.

Karena Curug Orok ada pada ketinggian 250 mtr. di permukaan laut selain itu berada di wilayah bukit-bukit karena ada di kaki Gunung Papandayan.

Keindahan alamnya telah kamu alami saat masuk area Curug Orok, yang dikitari oleh perkebunan teh yang hijau dan dihias dengan adanya banyak pohon pinus yang berjajar rapi.

2. Bermain Air

Selainnya nikmati keindahan alam Curug Orok, kamu bisa juga rasakan sejuknya air yang di turunkan dengan bermain air disekitaran kolam Curug Orok. Kedalaman kolam sekitaran Curug Orok berbeda, ada yang cuma dengan tinggi betis sampai dengan tinggi dada orang dewasa.

Berharap pantau anak-anak ketika bermain air disekitaran kolam Curug Orok ini. Kamu dapat telusuri sungai yang mengucur disekitaran area Curug Orok.

3. Berenang

Aktivitas berenang di Curug Orok bisa dilaksanakan di dua lokasi, yaitu disekitaran kolam Curug Orok dan di Kolam Cihuripan yang ada tidak jauh dari lokasi Curug Orok.

Kolam Cihuripan arah awalnya pembikinannya untuk memuat air yang dari mata air alami yang mengucur antara batu-batuan besar.

Batu-batuan besar itu ada di sekitar kolam yang didiamkan demikian saja, hingga memberi kesan-kesan alami. Dari batu-batuan itu mengucur mata air yang dikatakan sebagai Cai Kahuripan atau Air Kehidupan.

Hingga kolam pemandian ini dinamakan Kolam Cihuripan. Kolam ini mempunyai kandungan mineral yang tinggi sekali, dan telah ditelaah oleh faksi yang mumpuni di sektornya.

Karena memiliki kandungan mineral yang tinggi, jadikan kolam ini bermanfaat untuk sehatkan kulit dan hilangkan penyakit kulit.

4. Rekreasi

Sesudah senang bermain air dan berenang, kamu bisa melahap makanan yang kamu membawa dari rumah dengan keluarga di area kolam atau di gazebo yang telah disiapkan. Tetapi ingat masih tetap menjaga kebersihan dengan tidak tinggalkan sampah disekitaran Curug Orok.

5. Camping

Pengurus Curug Orok sediakan tempat buat kamu yang ingin kemping, nikmati keindahan alam dengan menginap di luar ruang. Bila kamu ingin lakukan aktivitas camping di area Curug Orok, pastikanlah kamu menggunakan baju hangat. Karena udara makin malam akan makin menyerang tulang.

6. Spot Foto

Apa lagi yang hendak kita kerjakan bila bertandang ke wilayah wisata, yap sudah pasti berpose riang. Tidak boleh terlewat untuk berselfie di area Curug Orok, yang simpan keindahan alam yang asri.

Baca Juga: 12 Kolam Renang di Garut dengan Pemandangan yang Cantik

Sejarah Yang Berkembang di Curug Orok

Curug Orok terdiri dari 2 kata, yaitu Curug dan Orok. Curug memiliki arti air terjun, dan Orok memiliki arti bayi. Argumen dinamakan Curug Orok ialah karena pada jaman dulu ada seorang wanita muda yang buang bayinya di atas Curug.

Tetapi, ada cerita yang lain berkembang jika narasi itu sebagai eksperimen bikinan faksi Belanda agar tidak ada masyarakat yang dekati area Curug Orok. Karena area itu dipakai sebagai gudang area untuk menyimpan senjata Belanda.

Entahlah yang mana sebetulnya terjadi, sejarah selalu memberi kita info sebagai sebuah teka-teki yang perlu kita keduk lebih dalam. Satu perihal yang jelas, jika Curug Orok sebagai anugrah pemberian Tuhan untuk masyarakat Garut.

Lokasi Dan Alamat Curug Orok

Lokasi dan alamat Curug Orok ada di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Code Pos 44171

Dari Jalan Raya Cikajang lokasi Curug Orok sepanjang lebih kurang 700 mtr.. Jalan yang hendak kamu lewati masih berbentuk tanah dan berbatu.

Jalur Ke arah Curug Orok

Jalur ke arah Curug Orok bisa dilakukan dengan memakai model transportasi seperti berikut :

Bila kamu memakai kendaraan individu kamu tujukan kendaraanmu ke selatan dari Garut Kota, kemudian kamu akan melalui Bayongbong selanjutnya Cisurupan sesudah di pertigaan Papanggungan belok ke kanan ke arah arah Cikandang. Teruskan perjalananmu sampai mendapati papan panduan ke arah Curug Orok.

Bila kamu akan memakai kendaraan umum, kamu dapat neik elf jalur Bungbulang-Garut dari Terminal Garut atau Lampu Merah Maktal lalu turun di muka jalan raya ke arah Curug Orok.

Bila kamu ingin naik model transportasi lain misalkan Angkot, kamu dapat naik angkot jalur Garut-Cikajang. Lantas turun di pertigaan Cibuluh, kemudian teruskan perjalanan dengan naiki ojeg ke arah lokasi Curug Orok.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *